PELATIHAN MOTIVASI PALING BAGUS UNTUK KARYAWAN

 

PELATIHAN MOTIVASI PALING BAGUS UNTUK KARYAWAN, Contoh Training Motivasi, Pelatihan Motivasi , LANGKAH MELAKUKAN PELATIHAN MOTIVASI, CARA MENYUSUN MATERI PELATIHAN MOTIVASI, Kegiatan Training Motivasi,
PELATIHAN MOTIVASI PALING BAGUS UNTUK KARYAWAN, Contoh Training Motivasi, Pelatihan Motivasi , LANGKAH MELAKUKAN PELATIHAN MOTIVASI, CARA MENYUSUN MATERI PELATIHAN MOTIVASI, Kegiatan Training Motivasi, 

PELATIHAN MOTIVASI PALING BAGUS UNTUK KARYAWAN

Karyawan merupan aset berharga bagi sebuah perusahaan. Oleh sebab itu seorang karyawan harus mendapatkan Pelatihan Motivasi, karena dengan mendapatkan fasilitas tersebut karyawan akan lebih kreatif dan inovatif.

Perusahaan tidak akan terbentuk dan tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya karyawan. Tidak akan ada omset yang bagus apabila tidak ada karyawan. Maka dari itu marilah kita pertimbangkan seberapa penting pelatihan motivasi untuk para karyawan.


Bekerja dalam waktu yang lama dan secara terus menerus akan menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi karyawan, meskipun dalam perusahaan tersebut kita digaji sangat besar karna kemampuan dan keahlian kita.

Jika tidak mendapatkan motivasi maka kejenuhan tersebut akan membuat kinerja para karyawan akan menurun, karena kemauan para karyawan untuk berkembang menjadi lebih baik sangat minim dan rendah.

Motivasi pekerjaan dapat mengembalikan kesegaran otak dan merefres ingatan karyawan mengenai komitmen karyawan untuk bersama sama mencapai tujuan. Yaitu dengan memberikan motivasi pada para karyawan.


JENIS JENIS MOTIVASI

Sebenarnya Pelatihan Motivasi kerja yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan bisa dalam berbagai bentuk dan cara. Jenis Motivasi dapat kita simak dibawah ini beserta dengan penjelasannya :

1.     Insentif

Untuk menjadikan seseorang menjadi lebih bergairah, semangat, energik dan produktif yaitu dengan memberikan rangsangan yang disebut juga dengan insentif. Adapun jenis insentif ada dua macam yaitu

§  Intensif yang berupa material, yaitu seperti penambahan gaji ketika lembur, ataupun upah atau barang yang dapat digunakan sehari- hari.

§  Insentif yang berupa immaterial yaitu seperti pemberian rewerd ataupun kenaikan jabatan, bisa juga berupa penghargaan lainnya.

2.     Carrot and stick approach

Pada prinsip motivasi kerja yang ini yaitu dilakukan dengan cara  memberikan hukuman ataupun hadiah. Contoh Training Motivasi apabila seorang karyawan memiliki keahlian dan kreativitas yang baik maka karyawan tersebut akan mendapatkan hadiah atau penghargaan.

Tapi sebaliknya jika seorang karyawan mengalami penurunan dalam kinerja, kreativitas dan aktifitasnya, maka karyawan tersebut akan diberikan sanksi ataupun hukuman.

Pelatihan Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja yang seperti ini sangat terkenal dan populer dalam hal kepemimpinan perusahaan. Dan pendekatan seperti ini bisa di sebut carrot and stick approach.

3.     Pendekatan kemanusiaan

Pelatihan Motivasi dapat menggunakan Pendekatan kemanusiaan yaitu dengan membuat hubungan yang lebih akrab. Komunikasi yang formal dan resmi dalam hubungan antar manusia akan terasa lebih akrab dan informal.


LANGKAH MELAKUKAN PELATIHAN MOTIVASI

Tujuan utama sebuah perusahaan mengadakan pelatihan motivasi bagi karyawan yaitu untuk kembali membakar semangat para karyawan yang telah menciut. Sehinga mereka dapat kembali percaya diri dan dapat menyelesaikan pekerjaan merekan dengan sempurna.

Untuk mengembalikan kepercayaan diri para karyawan dan membuatnya semangat kembali tidak hanya menggunakan cara cara yang asal, tetapi harus menggunakan metode yang baik dan benar. Yaitu dengan menyediakan Modul pelatihan Mengenahi Motivasi Kerja untuk para karyawan.


Untuk menumbuhkan semangat para karyawan kita tidak boleh asal memberikan motivasi kepada para karyawan. Tetapi pelatihan motivasi harus di desain yang menarik, agar para karyawan makin senang dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan atau training motivasi

Ada beberapa cara untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawan, dan cara cara ini sangat sederhana, cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk kita sendiri juga bisa melakukan pelatihan motivasi. Simak penjelasan berikut :

1.     Tingkat keberanian.

Pelatihan motivasi yang pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan kita mengembalikan keberanian karyawan, yang mana karyawan tersebut mental keberaniannya sudah melempem.

Biasanya seorang karyawan menjadi penakut karena beberapa faktor, salah satunya yaitu takut karena khawatir akan melakukan kesalahan dan takun mendapatkan sanksi atau bahkan mentalnya menciut saat mereka bersaing dengan karyawan lain.

Dan ketakutan inilah yang dapat membatasi kreativitas karyawan. Sehingga mereka perlu mendapatkan pelatihan motivasi yang dapat mengubah mereka menjadi lebih baik dan menjadi lebih pemberani.

2.     Pemberian Reward

Memberikan hadiah atau reward untuk karyawan yang bisa memberikan ide ide kreatif untuk perusahaan. Hal ini bisa memberikan motivasi bagi karyawan lain. Dengan cara ini, para karyawan akan merasa usahanya sangat ber arti bagi perusahaan, dan mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja.

3.     Menciptakan sesuatu yang baru

Sebagai seorang manager, perlu membuat sistem baru dalam berapa bulan sekali. Agar suasana kerja karyawan bisa lebih menyenangkan dan tidak jenuh. Meningkatkan dan menciptakan hal yang baru akan dapat meningkatkan kerja karyawan agar lebih semangat dalam bekerja.


PELATIHAN MOTIVASI PALING BAGUS UNTUK KARYAWAN, Contoh Training Motivasi, Pelatihan Motivasi , LANGKAH MELAKUKAN PELATIHAN MOTIVASI, CARA MENYUSUN MATERI PELATIHAN MOTIVASI, Kegiatan Training Motivasi,
PELATIHAN MOTIVASI PALING BAGUS UNTUK KARYAWAN, Contoh Training Motivasi, Pelatihan Motivasi , LANGKAH MELAKUKAN PELATIHAN MOTIVASI, CARA MENYUSUN MATERI PELATIHAN MOTIVASI, Kegiatan Training Motivasi, 

CARA MENYUSUN MATERI PELATIHAN MOTIVASI

Memberi pelatihan motivasi untuk karyawan menjadi hal yang penting dan krusial. Bahkan sebagian perusahan sangat diwajibkan untuk memeberi pelatihan motivasi kepada para karyawan.yaitu sesuai dengan dana yang sudah di sediakan oleh perusahaan tersebut.

Tetapi apabila untuk perusahaan dalam dunia pendidikan, biasanya Biaya Pelatihan Motivasi yang di dunia pendidikan sudah dianggarkan oleh dinas pendidikan. Sehingga itu dapat digunakan sesuai takaran dan kebutuhannya.


Tetapi meskipun demikian masih banyak yang menganggap pelatihan motivasi tidak penting dan merupakan sebuah kegiatan yang sangat membosankan. Apalagi jika dilakukan di hari atau jam yang harusnya karyawan bisa bekerja untuk menaikkan pemasukan perusahaan itu sendiri.


Pola pikir yang seperti ini seharusnya harus kita ubah sehingga kita benar benar menyadari  bahwa manusia memiliki rasa bosan dan tidak bisa mengeluarkan ide yang baik. Itulah kenapa Judul Training Motivasi sangat penting untuk meningkatkan kreativitas seorang karyawan. Sehingga para karyawan dapat memproduksi ide ide kreativitas yang baru.


Dapat dibenarkan  bahwa setiap pelatihan tetap membutuhkan biaya relatif banyak. Bahkan dalam suatu pelatihan dapat mengeluarkan biaya yang terhitung ratusan juta rupiah. Tetapi jika suda di rencanakan dengan matang, maka dana itu tidak akan terbuang dengan percuma.

Agar biaya pelatihan motivasi yang telah kita keluarkan tidak terbuang percuma, maka kita harus memahami kira kira jenis Materi Pelatihan Motivasi seperti apa yang harus di sampaikan saat pelatihan.


Banyak yang merasa kecewa karena materi tidak sesuai dengan kondisi perusahaan. Hal seperti itu harus mendapatkan evaluasi lebih lanjut supaya tidak terus menerus terjadi. Dan terkadang kita dari pihak perusahaan akan mendapat banyak tawaran untuk melaksanakan acara acara seperti ini oleh fasilitator.

Kita juga dapat meminta mereka agar menyusun materi sesudah menyampaikan seperti apa kebutuhan perusahaan atau membuat materi sendiri. Untuk penyususan materi yang baik untuk pelatihan motivasi yaitu dengan menyesuaikan dengan kebutuhan di tiap tiap karyawan dan di setiap bidang pekerjaan karyawan tersebut.


Saat ini sangat banyak sekali jenis Pelatihan Motivasi yang telah dirangkai dan di desain dengan lebih menarik dan, dengan demikian karyawan akan semakin semangat untuk mengikuti Kegiatan Training Motivasi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar